APLIKASI NILAI GABUNGAN RAPORT SD KELAS 4, 5 DAN 6

APLIKASI NILAI GABUNGAN  

RAPORT SD KELAS 4, 5 DAN 6



  Sambil WFH dirumah, iseng iseng sy merevisi file yang saya beri nama gabungan nilai raport, adapun fungsinya untuk menyatukan file dan data nilai raport kelas 6. file yang asalnya terpisah dari raport kelas 4, 5 dan 6.  dijadikan satu file/sheets menjadi nilai gabungan raport kelas 6 dan jadi acuan untuk ditulis diijazah tahun 2020 dan seterusnya jika aturan ini masih dipakai . dimana nilai ijazah SD terdiri dari nilai raport gabungan/rata rata raport kelas 4,5 dan 6. 
  File ini dijadikan sarana yang nantinya kita copas kedalam aplikasi nilai ijazah yang akan saya share di update blog berikutnya. sengaja file ini sy share awal agar bisa mengisi waktu dalm WFH ini, diwaktu senggang selain mengerjakan tugas utama dari sekolah. tutorialnya saya sajikan dalam bentuk gambar persheetnya agar bisa lebih jelas. 
  File ini mempermudah menyatukan data dari kelas 4, 5 dan 6. Kenapa file ini diperlukan, simple saja karena memang dari kelas 4,5 dan 6 berbeda tiap kelasnya yang mempunyai rombel lebih dari satu, karena menggunakan sistem acak tiap tahunnya. dan juga mungkin ada yang mutasi pindah dan masuk di tiap jenjang kelasnya. untuk yang mutasi pindah tidak akan masuk ke nilai gabungan karena kita  gunakan nisn sebagai database utamanya. untuk siswa mutasi masuk, silahkan ketik manual ditiap jenjangnya dengan melihat nilai raport dari sekolah asal dia pindah.
Berikut tutorialnya : 
1. Sheet Database Nama
   silahkan copi paste dari data siswa ujian kelas 6, cukup nama dan NISN saja. sy sediakan untuk 240 siswa, maksimal 40 perkelas dan 6 rombel maksimal kelas 6 di SD sesuai aturan dapodik.
ini capturenya




2. Sheet Rekap Gabungan
 silahkan copi pastekan nisnnya saja dari database nama siswa
ini capturenya

3. Sheet 4-1 sampai sheet 6-2
silahkan dibuka file rekap raport kelas 4 sem 1 sampai dengan rekap raport kelas 6 sem 2. untuk copi paste diambil dari data nisn  dari file raport tersebut. ingat bukan dari sheet database siswa ya(sheet ini khusus data kelas 6 yang update yang ikut ujian saja) NISNnya tapi dari rekap file nilai raport kelas 4 sem 1 untuk sheet 4-1. lalu copikan juga nilainya. begitu seterusnya untuk sheet 4-2 dari data raport kelas 4 semester 2, 5-1 dari raport semester 1 kelas 5, 5-2 dari raport kelas 5 semester 2, 6-1 dari raport kelas 6 semester 1 dan 6-2 dari raport kelas 6 semester 2.
berikut contoh capturenya

4. Jika ada pertanyaan silahkan koment di kolom komentar dengan bahasa yang baik dan sopan ya. mohon koreksinya jika ada kesalahan rumus. Saya mebagikan file ini untuk membantu kawan kawan administrasi sekolah khususnya di jenjang SD. dan semoga bisa bermanfaat. maklum penulis masih belajar dan perlu belajar dalam rumus rumus excelnya. terima kasih.

Silahkan download filenya disini :

 SANGMANTAN-2020








Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer