APLIKASI HITUNG USIA





Aplikasi Hitung Usia Siswa dengan Tabel 

dan Perorangan/Siswa

langsung saja ke menunya ya, sedikit penjelasan sebelum anda mencoba filenya.
1. isikan saja sheet Database dari no sampai kelas/rombel seangkan kolom Usia Siswa tidak perlu diisi karena sudah menggunkan rumus.
=DATEDIF(E5;'CEKUSIA'!$B$1;"Y")&"Tahun"&DATEDIF(E5;'CEKUSIA'!$B$1;"YM")&"Bulan " dengan sedikit penjelasan rumusnya :
a. =DATEDIF(E5;'CEKUSIA'!$B$1;"Y")&"Tahun"rumus ini digunakan untuk mencari jumlah tahun dari usia siswa di kolom E5 dstnya, dengan batasan tanggal penghitungan di sheet usia kolom B1. tanda $ untuk mengunci kolom B1 tidak berubah jika ditarik rumus kebawah atau kesamping.
Y sendiri artinya Tahun/Year , jadi yang di hitung jumlah tahun Kata "Tahun" untuk mengikuti angka yang di depannya, misal 1 tahun, 2 tahun dstnya sesuai jumlah tahun dari rumus Y.
b.. DATEDIF(E5;'CEKUSIA'!$B$1;"YM")&" Bulan "


Rumus ini untuk menghitung usia dengan format bulan. dengan data dicari kolom E5 dstnya, batas penghitungan usia di kolm B1 sheet usia. diakhiri kata bulan setelah angka , misal 5 bulan, 10 bulan dsbnya.
(Ket. Gambar 1)








2. untuk sheets Cek Usia menggunakan rumus Vlookup, dari sumber database dengan data pencarian kolom nama siswa. jadi bisa fungsinya mencari usia siswa secara personal berdasarkan nama yang diambil dari dropdon list sampai 1200 baris.
(Ket. Gambar 2)

















3. Sheets Menu digunakan untuk memilih menu yang diinginkan.  mohon maaf jika sheetsnya  saya hiden dari pengaturan excelnya. bagi mau terlihat silahkan cari menu option---advanced---  showsheet tabs
(Ket. Gambar 3)     



















Contoh File bisa di download disini : Sangmantan2018



















Komentar

Postingan Populer